Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar Negeri 20 Kota Bengkulu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Guru dalam mengimplementasikan profil pelajar pancasila untuk membentuk karakter peserta didik. Penelitian dilakukan di SD Negeri 20 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang di gunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan implementasi profil pelajar pancasila dan stretegi yang digunakan oleh guru. Dengan subjek yang diteliti ialah peserta didik kelas IV yang terdiri dari 26 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Dari hasil observasi ditemukan strategi yang gunakan oleh guru dalam menerapkan Profil Pelajar Pancasila, antara lain; pembelajaran berdiferensiasi, pembelajaran dengan projek dan pembiasaan. Dari hasil penelitian yang dilakukan, Guru telah melakukan strategi dengan baik. Dengan dibuktikan adanya data nilai mata pelajaran dan dokumentasi kegiatan peserta didik. Dengan adanya keberhasilan penerapan strategi, guru diharuskan untuk kreatif merancang pembelajaran. Tidak hanya guru yang berperan dalam pembentukan karakter peserta didik, tetapi keluarga dan lingkungan social, ikut serta dalam pembentukan karakter peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.