Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Minat Belajar Pembelajaran IPAS Peserta Didik Kelas V

Nevi Susilowati, M. Aditya Wildan Arrosyid, Kartika Chrysti Suryandari, Atika Santi Rosana

Abstract

Permasalahan pada kelas V di SDN Dukuhan Kerten Surakarta menunjukkan minat belajar mata pelajaran IPAS masih rendah dengan rata-rata minat belajar 55%. Berdasarkan wawancara dengan guru, didapatkan hipotesis bahwa faktor yang mempengaruhi minat belajar diantaranya adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata Pelajaran IPAS dengan menerapakan metode role playing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Populasi penelitian ini berjumlah 18 siswa Kelas V SDN Dukuhan Kerten. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket minat belajar dan observasi, dengan analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan presentase peningkatan minat belajar siswa melalui metode pembelajaran bermain peran dari 55% pada siklus 1, dengan kategori cukup baik, menjadi 74% pada siklus keempat, dengan kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran dengan menggunakan role playing dapat meningkatkan minat belajar IPAS siswa kelas V SDN Dukuhan Kerten.

Keywords

IPAS, Bermain Peran, Minat

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.