Improvement of Learning Outcomes of Class V Students of The Position of The Number One Million with “Media Uma” at SDICT Al Abidin Surakarta

Natri Aulianingsih, Tuti Septiyani, Vifi Anggraini Septi Rahayu, Idam Ragil Widianto Atmojo, Fityatul Muharromah

Abstract

Mata Pelajaran Matematika menjadi salah satu mata pelajaran wajib di sekolah dasar kelas V dengan materi kedudukan bilangan satu juta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V pada materi kedudukan bilangan satu juta dengan media UMA di SDICT Al Abidin Surakarta. Dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi tersebut digunakan model dan media pembelajaran yang membantu peserta didik dalam proses pembelajaran. Model dan media tersebut yakni model Problem Based Learning berbantuan media UMA. Sampel yang digunakan berjumlah 25 peserta didik, dengan jumlah laki-laki 20 dan Perempuan 5. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data deskriptif berdasarkan data yang diperoleh dari observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media UMA dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi kedudukan bilangan satu juta hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata tes siklus I 63,6 dan rata-rata tes siklus II 82,8. Sedangkan hasil observasi afektif dan psikomotor siklus I 68,4% dan 73,12% sedangkan untuk siklus II 84,84% dan 88,52%.

Keywords

Problem Based Learning, UMA, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.