Integrasi Augmented Reality berbantuan Geogebra sebagai Media Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran Materi Bangun Ruang

Muh. Khaedir Lutfi, Fitri Anisa Kusumastuti

Abstract

Geometri menjadi salah satu topik utama dalam pelajaran matematika yang sangat berkaitan dengan lingkungan sekitar siswa. Berbagai kendala yang dialami siswa dalam proses pembelajaran adalah kurangnya media yang bisa memfasilitasi siswa untuk berpikir secara spasial. Pemanfaatan Augmented Reality Geogebra dalam proses pembelajaran dapat membantu siswa dalam berpikir spasial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana integrasi AR Geogebra pada materi bangun ruang sebagai media pembelajaran interaktif. Pendekatan penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan Paired-Sample T Test. Sampel dari penelitian ini terdiri dari 30 siswa kelas VI melalui Simple Random Sampling. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar siswa pada Pre Test dan Post Test setelah mereka menggunakan media AR Geogebra pada Materi Bangun Ruang. Teknologi AR Geogebra dapat membantu siswa mengenali bangun ruang secara spasial. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa media interaktif AR Geogebra dapat diintegrasikan dalam pembelajaran Materi Bangun Ruang.

Keywords

Augmented Reality, Geogebra, Bangun Ruang, Kemampuan Spasial

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.