Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran PBL di SMP Qur'ani

Mohamad Sobrun Jamil, Eka Fitriyani, Dian Ifatul Mazaya, Samsul Musyafa, Umi Latifah, Siti Fatimah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran PBL dalam pembelajaran PAI. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan kegiatan perencanaan, melakukan tindakan, observasi serta refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII SMP QUR’ANI Petanahan Tahun pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan obervasi. Dari data yang diperoleh pada pra siklus presentase motivasi belajar siswa sebesar 28,3 %, pada siklus I meningkat menjadi 60 % , dan terjadi peningkatan motivasi belajar siswa menjadi 90,3 % di siklus II. Dengan kata lain, implementasi tindakan pembelajaran melalui model pembelajaran PBL dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI.

Keywords

Motivas Belajar, Pembelajaran PAI, PBL

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.