Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Multimedia pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri Pasarkliwon

Meysin Odela, Asih Asriyanti, Moh Salimi, Faridatul Akaddiyah

Abstract

Permasalahan yang terjadi di SDN Pasarkliwon Surakarta yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPAS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat perubahan hasil belajar pada peserta didik kelas IV di SDN Pasarkliwon Surakarta setelah mengikuti proses pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan strategi Multimedia. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPAS dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pembelajaran di lakukan dengan 2 siklus selama 2 kali pertemuan setiap siklus memiliki tahapan yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi (pengamatan) dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dipaparkan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut; Penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV. Ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I diketahui pada pretest sebesar 45,76% dan post test sebesar 69,55%, dan mengalami kenaikan pada siklus II pretest sebesar 82,9% dan post test sebesar 83,8%. Jadi tingkat ketuntasan hasil belajar peserta didik dari siklus I dan siklus II terjadi peningkatan 16,7%, maka target yang diinginkan telah tercapai untuk ketuntasan hasil belajar peserta didik, karena pada akhir siklus telah mencapai sesuai target yang ditentukan yaitu 75%.

Keywords

Hasil Belajar, Problem Based Learning, Multimedia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.