Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Penggunaan LKPD Berbasis Liveworksheet Di Sekolah Dasar Kelas IV

Mahesti Pertiwi, Rokhmaniyah Rokhmaniyah

Abstract

Pada abad 21, tuntutan dalam dunia pendidikan terus meningkat yang mengakibatkan adanya pengembangan guna memastikan peserta didik mampu menguasai kemampuan belajar, berinovasi, menggunakan serta memanfaatkan teknologi informasi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan membuktikan peningkatan minat belajar peserta didik melalui penggunaan LKPD Liveworksheet di Sekolah Dasar kelas IV. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran (mix method). Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Sumber data yang digunakan adalah peserta didik dan guru kelas IV di Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data kualitatif adalah wawancara dan observasi dengan teknik analisis kualitatif Miles and Hubberman. Sedangkan kuantitatif menggunakan kuisioner dan dianalisis menggunakan microsoft excel. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase minat belajar sebesar 72,83% dengan kategori kuat. Didukung hasil wawancara, peserta didik dan guru memiliki minat besar dalam penggunaan Liveworksheet. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Liveworksheet sebagai LKPD berpengaruh positif terhadap minat belajar dan meningkatkan minat belajar peserta didik di Sekolah Dasar kelas IV.

Keywords

Liveworksheet, LKPD, Minat Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.