Pengembangan Profesi dan Karir Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Sekolah Dasar

Luthfi Khafiah, Primavera Faustin Thenaya

Abstract

Pengembangan profesi dan karir guru sangat perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengembangan profesi dan karir guru sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik studi pustaka. Pertama, kebutuhan pengembangan profesional dan profesional guru diidentifikasi melalui studi literatur. Hal ini akan memberikan gambaran mengenai perlunya pengembangan profesi dan karir guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar. Berdasarkan gambaran tersebut, kami membuat program pelatihan dan pengembangan keterampilan yang disesuaikan dengan kebutuhan guru. Program ini mencakup hal meningkatkan keterampilan kompetensi guru dengan selalu melakukan monitoring dan evaluasi berkala untuk mengukur efektivitasnya dalam meningkatkan mutu pendidikan. Data yang dikumpulkan melalui evaluasi program dianalisis untuk menilai hasil dari pengembangan profesional guru yang meliputi peningkatan guru, perubahan strategi pembelajaran, dan hasil belajar siswa. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan pemahaman dan memberikan rekomendasi yang dapat diterapkan untuk mengenai pentingnya pengembangan profesi dan keprofesian guru dalam meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan.

Keywords

Pengembangan Profesi, Karir, Kualitas Pendidikan, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.