Analisis Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar

Luthfi Adhiningsih, Rokhmaniyah Rokhmaniyah

Abstract

Saat ini pendidikan di Indonesia menekankan pada pengetahuan dan tidak menekankan pada nilai karakter, sehingga perlu adanya pembiasaan serta keteladanan dalam membentuk karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis strategi guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter pada siswa kelas IV, serta (2) menganalisis kendala dalam pelaksanaan penanaman nilai pendidikan karakter pada siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek guru dan siswa kelas IV. Teknik pengambilan sempel menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru kelas IV dalam menanamkan nilai pendidikan karakter melalui budaya sekolah dapat dilaksanakan dengan strategi pembiasaan dan strategi keteladanan. Namun, dalam pelaksanaan penanaman nilai pendidikan karakter guru mengalami kendala, seperti pada peran masyarakat. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter harus menggunakan strategi yang tepat agar berjalan dengan baik. Sehingga untuk mengurangi adanya kendala diperlukan upaya kolaboratif antara sekolah, pemerintah, dan masyarakat untuk menciptakan dampak yang signifikan.

Keywords

Pendidikan Karakter, Strategi guru, Kendala

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.