Analisis Jenis Kesulitan Belajar IPA di SD : Sebuah Studi Kasus Kualitatif

Laksmi Evasufi Widi Fajari, Umalihayati Umalihayati, Ani Purwatisari, Sarah Faradilah, Anggi Ratna Agustina, Qoyimah Qoyimah, Ilham Purnama

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah disiplin ilmu yang mengkaji segala fenomena dan objek alam semesta. Penelitian ini berfokus pada identifikasi kendala yang dihadapi siswa sekolah dasar dalam memahami konsep-konsep IPA. Metode penelitian menggunakan kualitatif pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan angket. Sampel penelitian siswa sekolah dasar kelas IV dan guru melalui purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan tahapan antara lain mengumpulkan data, reduksi data, menyajikan data, serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kesulitan belajar ringan disebabkan kurangnya perhatian guru dan fasilitas media pembelajaran yang memadai; (2) kesulitan belajar sedang disebabkan adanya gangguan belajar dari faktor lingkungan dan keluarga; (3) kesulitan belajar berat disebabkan adanya ketunaan yang dialami siswa seperti tunarungu, tunawicara, tunadaksa, dan lainnya. Penelitian ini membantu dalam mengidentifikasi kesulitan belajar sehingga intervensi dapat diberikan lebih cepat dan efektif.

 

Keywords

kesulitan belajar, siswa, sekolah dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.