Persepsi Guru Pada Keterampilan Sosial Peserta Didik dalam Pembelajaran IPS SD di SD Muhammadiyah Wonorejo

Kumala Berlianisa, Mintasih Indriayu

Abstract

Tujuan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar adalah untuk menanamkan nilai-nilai sosial dan kecakapan hidup pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru kelas V mengenai integrasi keterampilan sosial dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini berfokus pada pengetahuan guru sekolah dasar tentang keterampilan sosial dalam pembelajaran IPS, strategi yang mereka terapkan dalam mengajarkan keterampilan tersebut dan kendala-kendala yang ditemui selama proses tersebut. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif berdasarkan fenomenologi. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru kelas V, dokumentasi serta observasi pembelajaran IPS di kelas V. Data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dianalisis menggunakan teori Miles dan Huberman dengan tiga tahap, yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Uji validitas yang digunakan adalah triangulasi metode.Temuan penelitian menunjukkan bahwa pandangan guru kelas V SD Muhammadiyah Wonorejo terhadap keterampilan sosial dalam IPS berbeda-beda. Guru telah mengintegrasikan kepedulian terhadap lingkungan, menghargai hak orang lain, berkolaborasi, kemampuan menyampaikan pendapat, dan kesadaran akan tanggung jawab sebagai keterampilan sosial yang diajarkan.

Keywords

keterampilan sosial, pembelajaran IPS, sekolah dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.