Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Pecahan Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Julia Dwi Puspita, Rokhmaniyah Rokhmaniyah

Abstract

Dalam menyelesaikan soal cerita, banyak siswa melakukan kesalahan terutama pada mata pelajaran matematika materi pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis jenis-jenis kesalahan siswa kelas V dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi pecahan, (2) mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi pecahan, dan (3) menguraikan alternatif solusi memperbaiki kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi pecahan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas 5 sebanyak 21 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan siswa mengalami berbagai jenis kesalahan yaitu reading error sebesar 17,1%, comprehension error 74,3%, tranfrormation error 34,3%, process skill error 65,7%, dan encoding error 59%. Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita disebabkan beberapa faktor dari guru maupun siswa sehingga peneliti menciptakan alternatif solusi untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi pecahan siswa kelas V melakukan berbagai jenis kesalahan yang disebabkan beberapa faktor, kemudian adanya alternatif solusi diharapkan mampu memperbaiki kesalahan siswa dalam menyesaikan soal cerita matematika materi pecahan.

Keywords

Soal cerita matematika, jenis kesalahan, pecahan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.