Potensi Indigenous Knowledge sebagai upaya Pembangunan Karakter Siswa di Indonesia

Ilfi Intansari, Ujang Sugara, Widiyana Widiyana

Abstract

Indigenous Knowledge merupakan salah satu kekayaan bangsa Indonesia yang memiliki manfaat termasuk manfaat di dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi pengetahuan lokal (indigenous knowledge) sebagai upaya dalam pembangunan karakter siswa di Indonesia. Penelitian ini mengkaji bagaimana pengetahuan lokal dapat dimanfaatkan dalam proses pendidikan untuk memperkuat nilai-nilai moral dan etika di kalangan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sampel pada penelitian ini yakni lima orang tua peserta didik yang ditentukan secara purposive sampling. Data penelitian ini didapatkan dari wawancara mendalam dengan orang tua siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif menggunakan analisis Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan lokal memiliki potensi dalam membangun karakter siswa di Indonesia khususnya karakter religius. Simpulan penelitian ini yakni Indigenous Knowledge (IK) memiliki potensi besar dalam pembangunan karakter siswa di Indonesia. Berbagai bentuk pengetahuan tradisional, seperti, adat istiadat, dan praktik budaya lokal, berpotensi efektif dalam mengajarkan nilai-nilai moral dan etika yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa.

Keywords

Pengetahuan Lokal, Indigenous Knowledge, Karakter, Indonesia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.