Optimalisasi Permainan Tradisional Nusantara bagi Guru SD di Indonesia

Idam Ragil Widianto Atmojo, Matsuri Matsuri, Chumdari Chumdari, Fadhil Purnama Adi, Roy Ardiansyah, Dwi Yuniasih Saputri

Abstract

Permainan tradisional Nusantara kaya akan nilai budaya dan edukasi, namun kurang optimal dalam pemanfaatannya sebagai media pembelajaran di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini yaitu mengkaji strategi optimalisasi permainan tradisional Nusantara bagi guru SD di Indonesia. Artikel ini merupakan kajian literatur terkait permainan tradisional Nusantara dan pembelajaran di sekolah dasar. Metode penelitian ini yaitu kajian literatur dengan mencari referensi teori yang relevan dengan kasus atau permasalahan yang ditemukan. Hasil kajian literatur ditemukan berbagai strategi optimalisasi permainan tradisional Nusantara, antara lain integrasi dengan materi pelajaran, modifikasi aturan dan permainan, pemanfaatan media pembelajaran, dan penyelenggaraan festival permainan tradisional. Implementasi strategi tersebut menunjukkan hasil positif dalam meningkatkan keterampilan motorik kasar dan halus, kerjasama tim dan komunikasi, dan pengetahuan budaya dan nilai-nilai luhur. Kesimpulan hasil kajian literatur yaitu optimalisasi permainan tradisional nusantara dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar di Indonesia.

Keywords

permainan tradisional, pembelajaran, guru, sekolah dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.