Upaya Peningkatan Hasil Belajar Kelas IV Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Melalui Model Problem Based Learning

Hesa Resti Arumanda, Wita Salwa Salsabila, Kartika Christy Suryandari, Tri Suharsih

Abstract

Matematika menjadi tantangan bagi peserta didik terutama pada materi soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dalam menyelesaikan soal cerita matematika melalui penerapan model pembelajaran problem based learning di kelas IV C SD Negeri Mangkubumen Lor Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek yang diambil adalah seluruh peserta didik kelas IV C SD Negeri Mangkubumen Lor Surakarta tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik pada soal cerita mata pelajaran matematika dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Hal ini ditunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari prasiklus yaitu 28%, siklus 1 yaitu 71,52 menjadi 84,31 pada siklus 2. Berdasarkan hasil observasi terhadap model pembelajaran problem based learning juga menunjukkan adanya peningkatan keaktifan aktivitas peserta didik dan guru selama proses pembelajaran.

Keywords

Hasil Belajar, Problem Based Learning, Soal Cerita Matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.