Implementasi Sistem Gamifikasi Berbasis Educaplay sebagai Strategi Peningkatan Kualitas Belajar Mahasiswa PGSD

Fitri Ayu Febrianti, Nabella Alani, Haidar Akmal Al-Fikri

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan mahasiswa dalam memahami materi yang kompleks dan abstrak, belum optimalnya pendayagunaan ICT, hingga rendahnya ruang untuk mengembangkan kompetensi abad 21. Hal ini bermuara pada rendahnya kualitas belajar mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan sistem gamifikasi berbasis Educaplay, dan untuk mengetahui implementasi sistem gamifikasi berbasis Educaplay sebagai strategi peningkatan kualitas belajar mahasiswa PGSD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Sampel dalam penelitian ini berjumah 40 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem gamifikasi berbasis Educaplay dapat meningkatkan antusiasme belajar (90%), konsentrasi belajar (95%), kerja sama (85%), dan keaktifan (90%). Secara keseluruhan, sistem gamifikasi berbasis Educaplay memiliki dampak positif terhadap kualitas belajar mahasiswa.

Keywords

Sistem Gamifikasi Berbasis Educaplay, Kualitas Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.