Pentingnya Penggunaan Teknologi Bagi Peserta Didik Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Febriansyah Putriyana, Neza Agusdianita, Desri Desri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pentingnya penggunaan teknologi pembelajaran bagi siswa sekolah dasar dalam pembelajaran bahasa indonesia. Metode penelitian ini adalah kajian pustaka (library research), dan teknik analisis data dalam penelitian ini ada enam tahapan. Pertama, proses manajemen data. Kedua, tahapan pembacaan data. Ketiga, tahap deskripsi. Keempat tahap klasifikasi. Kelima tahap intepretasi. Keenam tahap merepresentasikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran Bahasa Indoensia sangatlah penting karena dapat meningkatkan pemahaman, memperkuat keterampilan bahasa, dan mengembangkan kreativitas. Selain itu melalui penggunaan teknologi oleh aplikasi peserta didik lebih termotivasi belajar peserta didik berusaha mandiri untuk memperoleh pengetahuan tentang materi, memilih langkah kerja, mengulang materi yang kurang jelas dan menyimpulkan materi sehingga mereka dapat melihat kemajuannya setelah mengerjakan tugas, mengikuti tes, menerima hasilnya dan memperbaiki hal tersebut untuk kedepannya. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penggunaan teknologi dalam pembelajaran memiliki pengaruh yang sangat positif, dan perlu diterapkan oleh guru pada proses pembelajaran untuk mempermudah dalam mencapai tujuan belajar, serta mengajar secara modern.

Keywords

teknologi, peserta didik, pembelajaran Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.