Analisis Penerapan Pendekatan Konsep pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar
Abstract
Penerapan pendekatan konsep dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar penting diterapkan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa dalam membangun pemahamannya pada materi IPS yang bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan konsep pada pembelajaran IPS di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, teknik analisis data menggunakan triangulasi teknik yang mengkonfirmasi data berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan konsep berhasil diterapkan oleh guru dengan berbantuan media paperless crossword. Melalui pembelajaran dengan pendekatan konsep guru dapat menyajikan informasi yang lebih terstruktur dan bermakna. Sementara itu pendekatan ini mendorong siswa berpikir kritis dan analitis untuk menghubungkan berbagai konsep IPS yang dipelajari. Dengan demikian pendekatan konsep mendorong pembentukan pemahaman konsep IPS dengan lebih mudah.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.