Budaya Literasi Membaca pada Siswa SMKN 3 Pamekasan

Farida Herlina, Agus Purnomo Ahmad Putikadyanto, Liana Rochmatul Wachidah

Abstract

Literasi membaca merupakan salah satu keterampilan yang harus dibudayakan. Membaca adalah Langkah awal untuk menguasai semua keterampilan berbahasa. Melalui membaca individu lebih mudah mendapatkan informasi dan bisa berpikir kritis, sehingga meningkatkan kualitas dirinya. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan e-book dan e-learning serta pelaksanaan budaya literasi membaca pada siswa di SMKN 3 Pamekasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Deskriptif kualitatif digunakan untuk menemukan data atau fonomena terkait budaya literasi membaca pada siswa SMKN 3 Pamekasan, dengan cara mewawancarai guru bahasa indonesia. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa SMKN 3 Pamekasan merapkan e-book dan e-learning untuk memudahkan siswa dalam belajar serta membudayakan literasi membaca selama 10 menit  untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Sehingga siswa dapat membuat karangan kata-kata maupun kalimat yang indah dan membuat cerpen.

Keywords

Pendidikan, Literasi, Membaca

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.