Analysis of Teacher Certification Programs in Improving Teacher Professionalism

Faizuna Istaqimi, Arina Kurnia Putri, Ani Purwanti

Abstract

Guru dituntut untuk bekerja secara professional karena profesionalisme sangat penting dan merupakan salah satu kunci pokok kelancaran dan kesuksesan proses pembelajaran. Namun, dari 3,37 juta guru di Indonesia, hanya 1.174.377 guru yang tersertifikasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui program sertifikasi dalam meningkatkan profesionalisme guru serta untuk mengetahui implementasi dan efektivitas sertifikasi guru dalam jabatan guna meningkatkan profesionalisme. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode berupa studi kepustakaan. Sertifikasi ialah proses pemberian sertifikat dari lembaga berwenang kepada tenaga pendidik guru maupun dosen yang sudah memenuhi standar kualifikasi dan kompetensi sebagai bentuk pengakuan menjadi tenaga yang profesional. Implementasi program sertifikasi guru berkaitan dengan peranan pemerintah dan peran masyarakat. Sertifikasi menjadi kebijakan pemerintah sebagai upaya meningkatkan profesionalisme guru di Indonesia. Kebijakan sertifikasi guru memiliki dampak positif terhadap mutu pendidikan di Indonesia dengan cara meningkatkan metode pengajaran yang lebih modern serta variasi model, teknik, dan metode pembelajaran.

Keywords

Guru, Sertifikasi, Profesionalisme

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.