Efektivitas Pelaksanaan Pendidikan Inklusi terhadap Prestasi Belajar Siswa Berkebutuhan Khusus di SD Negeri 1 Bocor

Faizah Nurrahman Widhiarti, Alya Hanifah, Chanifatun Chasanah, Candra Efendi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana pendidikan inklusi diimplementasikan di SD Negeri 1 Bocor. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dengan guru dan staf sekolah, serta dokumentasi dan analisis dokumen terkait kebijakan pendidikan inklusi di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan inklusi di SD Negeri 1 Bocor masih dalam tahap awal. Meskipun demikian, sekolah telah menunjukkan komitmennya untuk menyediakan layanan pendidikan yang berkualitas bagi semua peserta didik, termasuk peserta didik berkebutuhan khusus. Guru tidak ragu untuk memberikan dukungan penuh dengan arahan yang jelas dan tegas terhadap aktivitas seluruh siswa. Meskipun terdapat siswa berkebutuhan khusus, guru tidak pernah menganggap mereka sebagai beban. Semua peserta didik memiliki kesempatan yang sama untuk terlibat aktif dalam kegiatan di kelas. Tantangan yang dihadapi seperti kurangnya sumber daya dan dukungan dari pemerintah daerah masih menjadi hambatan dalam optimalisasi pendidikan inklusi di SD Negeri 1 Bocor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemerintah daerah perlu meningkatkan dukungan serta alokasi sumber daya yang memadai untuk mendukung pelaksanaan pendidikan inklusif yang lebih efisien di sekolah dasar.

Keywords

Pendidikan, Sekolah Dasar, Inklusi, Pelaksanaan, Anak Berkebutuhan Khusus

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.