Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Sekolah Dasar

Erina Chynthia, Riza Fatimah Zahrah, Winarti Dwi Febriani

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya kemampuan berpikir aljabar pada siswa kelas IV sekolah dasar. Pada pelaksanaan pembelajaran matematika, guru sebagai pemegang peran dalam mencitakan lingkungan belajar yang mendukung kemampuan berpikir siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada kemampuan berpikir aljabar siswa di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental Design dan desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV SDN 1 Sukamanah yang berjumlah 88 siswa, dengan sampel sebanyak 23 untuk kelas eksperimen dan 22 untuk kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan statistik deskriptif, analisis uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil anaisis data menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) 0,015 < 0,05 dengan ata lain Ha diterima. Normalitas data sebesar1 0,20 > 0,05, dan taraf signifikansi homogenitas data yaitu, 0,684 > 0,05. Nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 74,43 dan kelas kontrol yaitu 73,23 (74,43 > 73,23) maka Terdapat pengaruh dari model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir aljabar siswa sekolah dasar.

Keywords

Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Aljabar, Pembelajaran Matematika.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.