Pengembangan Media Pembelajaran PETA Puzzle sebagai Media Alternatif Pembelajaran IPS Materi Kondisi Geografis di Sekolah Dasar
Abstract
Pembelajaran di era sekarang guru harus dapat melakukan pembelajaran yang aktif dan bervariasi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran puzzle untuk materi kondisi geografis pada pembelajaran IPS di sekolah dasar. Media PETA Puzzle merupakan media fisik yang dapat membantu anak dalam memvisualisasikan pemikirannya secara terstruktur. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang menggunakan metode research and development (R&D) dengan jenis desain penelitian ADDIE yang dilakukan beberapa tahapan diantaranya Analysis, Design, Development, Implementation. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket. Subjek penelitian sebanyak 18 siswa kelas V di SDN Lidah Kulon 3 Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: pengembangan media yang dilakukan terdiri atas beberapa tahap, yaitu: identifikasi ( pengguna dan materi), perencanaan, pembuatan produk awal, uji tim ahli dengan perbaikan produk awal, dan uji coba pada siswa. siswa mampu membangun pengetahuan sendiri yang terstuktur dan tergornisir dari implementasi pembelajaran menggunakan media PETA Puzzle.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.