Pendampingan Penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Sekolah Inklusi di SDN 2 Pejagoan Kebumen

Dewi Indrapangastuti, Kartika Chrysti Suryandari, Rokhmaniyah Rokhmaniyah, Murwani Dewi Wijayanti, Wahyudi Wahyudi, Muhamad Chamdani

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru dalam menyusun LKPD untuk sekolah inklusi. LKPD yang dikembangkan berbasis IPTEK, yaitu Wordwall. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan oleh Grup Riset Pendidikan dan Kewirausahaan PSDKU PGSD Kebumen FKIP UNS yang bekerja sama dengan SDN 2 Pejagoan Kebumen, jumlah peserta 30 orang. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah sosialisasi dan pelatihan yang terdiri dari; a) tahap perencanaan, yaitu: identifikasi kebutuhan, penyusunan materi; b) tahap pelaksanaan, melalui workshop dengan materi tentang sekolah inklusi, pembelajaran berdiferensiasi, pelayanan terhadap berbagai jenis Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), pelayanan bimbingan dan konseling ABK, langkah-langkah menyusun LKPD, dan penyusunan LKPD berbasis IPTEK; c) tahap monitoring, yaitu: melakukan pendampingan pada guru dalam penyusunan dan presentasi LKPD; d) tahap evaluasi, yaitu mengevaluasi seluruh kegiatan. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman guru terhadap materi dan dapat menyusun LKPD untuk sekolah inklusi berbasis IPTEK, dibuktikan dengan hasil pretes dan postes, terlihat bahwa nilai rata-rata pretes sebesar 67,11 dan nilai rata-rata postes sebesar 86,13. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan pendampingan ini berhasil dan berjalan dengan baik.

Keywords

Pendampingan, Sekolah Inklusi, Workshop, Lembar Kerja Peserta Didik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.