Penerapan Model Pembelajaran Guided Not Taking dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran IPS

Berliana Hermalia Anjani, Hatma Heris Mahendra, Febri Fajar Pratama

Abstract

Tujuan peneltian ini untuk mendeskripsikan hasil peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV menggunakan model pembelajaran guided not taking. Jenis penelitian ini yaitu jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran guided hasil prasiklus hasil belajar siswa 7 siswa (36,84%) yang tuntas dan 12 siswa (63,16%) yang tidak tuntas KKM dengan memperoleh rata-rata 63,15%. Hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 14 siswa (73,68%) yang dikategorikan tuntas dan 5 siswa (26,32%) yag dikateogrikan tidak tuntas KKM dengan perolehan rata-rata (79,73%). Hasil belajar siswa di siklus II terdapat 16 siswa (84,21%) yang dikategorikan tuntas dan 3 siswa (15,79%) dikategorikan tidak tuntas KKM dengan perolehan rata-rata (81,84%). Hasil belajar dari prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 16,5% kemudian dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan kembali sebesar 2,11%. Dengan demikian terbukti bahwa penggunaan model pembelajaran Guided Not Taking mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sinagar.

Keywords

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Guided Not Taking, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.