Penanaman Karakter Kearifan Lokal Melalui Implementasi Pendidikan Khas Kejogjaan (PKJ) di SD Negeri Jetisharjo

Bayu Rizki Prasadityo, Aprilia Tina Lidyasari, Ardika Adiputra Ramadhansyah

Abstract

Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 66 Tahun 2013 menjadi landasan program Pendidikan Khas Kejogjaan (PKJ) guna menanamkan karakter kearifan lokal. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui rancangan, implementasi, dan pengaruh program Pendidikan Khas Kejogjaan (PKJ) terhadap penanaman karakter kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) SD Negeri Jetisharjo telah menyusun rencana pelaksanaan program PKJ dan sudah diintegrasikan dalam program kurikulum tahun 2024/2025, 2) Terbentuknya tim program Pendidikan Khas Kejogjaan, 3) Pembiasaan budaya NGAJENI (Ngapurancang, Jempol, Nuwun sewu atau Nderek langkung, Matur nuwun, Monggo, Injih) oleh seluruh warga sekolah. Akan tetapi, sekolah masih perlu menyusun asesmen ketercapaian program PKJ secara tersendiri terpisah dari evaluasi kurikulum sekolah.

Keywords

Karakter, Kearifan lokal, Pendidikan Khas Kejogjaan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.