Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Abad 21 Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi

Ayu Triastuti, Neza Agusdianita, Desri Desri

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi pada abad ke-21 mampu memaksimalkan potensi peserta didik dalam menghadapi tantangan global pada saat ini, karena pendekatan ini dapat memenuhi kebutuhan individu peserta didik dan mengakomodasi gaya belajar mereka yang berbeda. Metode ini dianggap relevan dalam konteks pendidikan modern yang berfokus pada kebutuhan individual peserta didik. Peserta didik memiliki kecepatan belajar dan gaya belajar yang berbeda-beda, sehingga metode pengajaran yang sama tidak dapat efektif bagi semua peserta didik. Dengan pembelajaran berdiferensiasi maka memungkinkan guru untuk menyesuaikan materi, pendekatan pengajaran, dan penilaian sesuai dengan kebutuhan dan minat peserta didik, sehingga dapat meningkatkan motivasi mereka dalam belajar. Tujuan dari Penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik abad 21 melalui pembelajaran berdiferensiasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif studi literatur, dimana metode ini dilakukan dengan mengumpulkan beberapa literatur seperti jurnal, artikel, modul serta buku-buku yang relevan kemudian membaca, mencatat, memahami, serta menganalisisnya. Berdasarkan analisis tersebut didapatkan bahwa pembelajaran berdiferensisi dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik, karena peserta didik dapat belajar sesuai dengan cara yang paling sesuai dengan minat, gaya belajar serta kebutuhan mereka.

Keywords

Motivasi Belajar, Peserta didik abad 21, Pembelajaran Berdiferensiasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.