Peningkatan Hasil Belajar IPAS dengan Pendekatan Berdiferensiasi pada Peserta Didik Kelas V SDN Karangasem III Tahun Ajaran 2023/2024

Aswatun Khasanah, Dwi Handayani, Pratadina Arya Rahmawan, Sulistya Galuh

Abstract

Pendidikan merupakan pondasi penting dalam kemajuan manusia. Dalam pendidikan setiap peserta didik membawa ragam karakteristik, latar belakang, potensi, dan kebutuhan yang unik. Penelitian Tindakan Kelas ini meneliti hasil belajar peserta didik kelas V SDN Karangasem III. Penelitian melibatkan peserta didik kelas V berjumlah 25 peserta didik yang terdiri dari 15 laki-laki dan 10 perempuan, mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) materi pengelolaan sampah dan perubahan lingkungan. Penelitian ini merupakan jenis penelitan kuantitatif. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan analisis hasil tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model project based learning dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dalam proses pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN Karangasem III. Mereka mencapai ketuntasan akhir sebesar 92% setelah menerapkan pendekatan ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan berdiferensiasi meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN Karangasem III.

Keywords

Hasil Belajar, Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.