Literatur Review: Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar

Annisa Fadhila, Neza Agusdianita, Desri Desri

Abstract

Gaya belajar siswa merupakan sifat atau karakteristik masing-masing siswa dalam proses belajar, seperti cara siswa dalam menerima, mengolah, dan mengingat suatu informasi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji literatur review terkait gaya belajar siswa sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Penggumpulan data diperoleh dengan mendokumentasi artikel yang terkait pada penelitian serupa. Artikel yang didapat dan digunakan pada penelitian ini sebanyak lima artikel jurnal nasional dapat diperoleh dari database Google Scholar. Gaya belajar seorang siswa dapat berupa visual, auditori, kinestetik, atau kombinasi. Siswa dengan gaya belajar visual akan belajar dengan melihat secara langsung. Siswa dengan gaya belajar auditori akan belajar dengan pendengaran. Siswa dengan gaya belajar kinestetik akan belajar dengan gerakan dan belajar dengan sentuhan. Gaya belajar yang berbeda-beda dibutuhkan dalam pembelajaran berdiferensiasi untuk memenuhi kebutuhan setiap siswa. Pendekatan pembelajaran harus sesuai dengan karakteristik gaya belajar masing-masing individu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan dilakukannya pembelajaran berdiferensiasi yang disesuaikan dengan gaya belajar siswa maka akan mencapai hasil belajar yang optimal.

Keywords

Gaya Belajar, Visual, Auditori, Kinestetik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.