Pemanfaatan Media Wordwall sebagai Evaluasi Pembelajaran Teks Prosedur pada Siswa Kelas VII Mts Nurul Ulum Teja Barat

Anita Sari Kurnadi, Liana Rochmatul Wachidah, Mochamad Arifin Alatas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebermanfaatan media Wordwall dalam evaluasi pembelajaran pada teks prosedur serta untuk mengetahui hasil belajar. Siswa setelah menggunakan media Wordwall. Penelitian ini hanya membahas sampai pada tahap pemanfaatan media wordwall dalam evaluasi pembelajaran, hasil data evaluasi pembelajaran serta respon siswa terhadap pemanfaatan media wordwall saja. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan beberapa cara, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada permainan 1) pengurutan grup rata-rata nilai siswa yaitu 91,5 yang membuktikan kategori “Sangat baik”. 2) Permainan kartu lampu kilat yaitu dengan rata-rata nilai 100 yang masuk kategori “Sangat baik”. 3) Permainan memukul tikus mondok (Whack a-mole) yaitu dengan memperoleh rata-rata nilai siswa 79,17 masuk kategori “Baik” dan dapat dikatakan bahwa permainan yang terakhir ini hanya sebagai refleksi pembelajaran saja. Hal ini membuktikan bahwa pemanfaatan media Wordwall dalam evaluasi pembelajaran materi teks prosedur dapat dikatakan berhasil dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords

Wordwall, Evaluasi Pembelajaran, dan Teks Prosedur

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.