Implementasi Penggunaan QR Code Sebagai Media Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

Anealish Eka Puspitasari, Mintasih Indriayu

Abstract

Di era teknologi digital, seorang guru harus mampu merancang media pembelajaran yang inovatif dalam pembelajaran IPS agar tidak monoton, sehingga pembelajaran dapat berjalan secara efektivitas, efisiensi dan produktivitas. Namun masih banyak guru yang belum memanfaatkan IT dalam merancang media pembelajaran sehingga dalam pembelajaran siswa cenderung merasa bosan untuk mendengarkan penjelasan dari guru. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah dengan menggunakan QR Code sebagai media pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak penggunaan media QR Code pada pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah random. Subjek penelitian yaitu 30 siswa kelas V di Sekolah Dasar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan, penggunaan media pembelajaran QR Code sangat dibutuhkan, terutama untuk menunjang pembelajaran IPS yang bersifat abstrak. Dengan QR Code sebagai media pembelajaran membuat siswa menjadi lebih aktif dan kreatif, meningkatkan motivasi belajar dan meningkatkan hasil belajar.

Keywords

Media QR Code, Pembelajaran IPS, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.