Pemanfaatan Media Smart Box pada Pembelajaran Teks Iklan di Era Kurikulum Merdeka
Abstract
Pembelajaran teks iklan merupakan salah satu capaian pembelajaran dalam kurikulum merdeka yang diajarkan kepada peserta didik kelas VIII melalui penggunaan media yang bervariatif. Tujuan penelitian ini ialah untuk memaparkan pemanfaatan media smart box pada pembelajaran teks iklan di era kurikulum merdeka. Penelitian ini dilakukan melalui metode penelitian kualitatif dengan paparan deskriptif. Data penelitian ini, yaitu modul ajar, lembar observasi, serta hasil karya teks iklan peserta didik. Modul ajar dan lembar observasi dianalisis untuk memaparkan pemanfaatan media smart box dalam proses pembelajaran. Adapun karya peserta didik berupa teks iklan dianalisis sesuai pedoman kriteria penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata yang didapatkan peserta didik mengalami peningkatan melalui pemanfaatan media smart box. Keterampilan yang dikembangkan dalam pembelajaran teks iklan, meliputi kelengkapan unsur, keterpaduan struktur, kesesuaian karakteristik, ketepatan penggunaan kaidah kebahasan, serta kejelasan informasi teks iklan. Dengan cara demikian, pemanfaatan media smart box pada pembelajaran teks iklan dapat memberikan pengalaman belajar yang berkualitas dan menyenangkan bagi peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.