Analysis of the Implementation of the Computational Thinking Approach in Natural Science Learning in High Elementary School Classes
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendekatan Computational Thinking oleh guru pada pembelajaran IPAS di kelas tinggi sekolah dasar dan mendeskripsikan dampak pendekatan Computational Thinking oleh guru pada hasil belajar IPAS di kelas tinggi sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan responden guru wali kelas tinggi sekolah dasar. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan guru telah mengimplementasikan tahapan pendekatan Computational Thinking dengan baik, termasuk tahapan thinkering, creating, debugging, perservering, dan collaborating. Dengan guru melakukan pendekatan Computational Thinking dalam pembelajaran IPAS berdampak pada perolehan hasil belajar siswa di atas nilai rata-rata. Pendekatan Computational Thinking sesuai untuk diterapkan dalam suatu pembelajaran agar siswa memiliki kesiapan dalam menghadapi dan beradaptasi dengan kemajuan pengetahuan di abad 21.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.