Correlation of Problem Based Learning (PBL) and "TUTOR" Learning Media to Improve Learning Outcomes of Basic Multiplication Concepts

Ana Fitrokha, Evi Nuriyah Safitri, Idam Ragil Widianto Atmojo, Muhammad Tohir Rosid

Abstract

Media pembelajaran yang alternatif dapat menarik peserta didik untuk lebih aktif dan bersemangat dalam pembelajaran, selain itu model yang sesuai diterapkan dipembelajaran menjadikan keefesien dalam pembelajaran menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan media pembelajaran TUTOR dalam meningkatkan hasil belajar materi konsep dasar perkalian matematika. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan di SD Ta’mirul Islam Surakarta kelas II dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada kegiatan pra siklus presentase ketuntasan hanya 42% dan 58% peserta didik belum tuntas dengan rata-rata kelas 75. Pada siklus I mengalami peningkatan peserta didik dengan nilai tuntas sebesar 62,50% dan yang belum tuntas sebesar 37,50% dengan nilai rata-rata kelas 76. Pada siklus II, ketuntasan peserta didik mencapai 83% dan yang belum tuntas sebesar 17% dengan nilai rata-rata kelas 83. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tiap siklus mengalami peningkatan yang signifikan.

Keywords

Problem Based Learning, Media Pembelajaran TUTOR, Hasil belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.