Development of Crossword Puzzle Media in Indonesian Language Subjects for Class 4 of SD Negeri 1 Pinang Jaya Academic Year 2023/2024

Tsabita Alya Rahmaninda, Andri Wicaksono, Ambyah Harjanto

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya ketersediaan dan penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar serta kesulitan siswa untuk memahami materi unsur intrinsik dalam cerita. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran berupa Crossword Puzzle yang akan diterapkan pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia materi unsur intrinsik dalam cerita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Hasil validasi yang  dari validasi ahli materi memperoleh nilai rata-rata 97,5%, ahli bahasa 87,5%, dan ahli media 88,6% ketiganya masuk interpretasi “Sangat Layak” untuk diuji cobakan dilapangan. Hasil dari respon guru memperoleh nilai rata-rata hingga 100% dan respon siswa 94,8% keduanya masuk kategori “Sangat Menarik” sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia. Implementasi media Crossword Puzzle di kelas 4C SD Negeri 1 Pinang Jaya menunjukkan efektivitas dengan rata-rata presentase ketuntasan evaluasi siswa mencapai 100% dengan nilai rata-rata siswa mencapai 83,3.

Keywords

Pengembangan, Media Pembelajaran, Crossword Puzzle, Unsur Intrinsik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.