Implementasi Digitalisasi Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SD Negeri Bulusari 01 Gandrungmangu

Almaskur Almaskur, Lestari Lestari, Dwi Sukaningsih, Istama Istama, Nur Ngazizah

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi, hasil dan kendala digitalisasi sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SD Negeri Bulusari 01 Gandrungmangu. Digitalisasi sekolah mencakup penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran, termasuk penggunaan perangkat keras dan lunak. Metodologi dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi sekolah telah memberikan hal positif terhadap kualitas pembelajaran, seperti peningkatan motivasi belajar siswa, kemudahan akses materi pembelajaran, dan peningkatan keterampilan baik siswa maupun guru. Penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa kendala, antara lain keterbatasan infrastruktur teknologi, kurangnya pelatihan bagi guru, dan keterbatasan akses internet bagi sebagian siswa. Sekolah diharapkan dapat meningkatkan infrastruktur, pelatihan berkelanjutan bagi guru, dan siswa memiliki akses yang memadai terhadap teknologi dan internet. Implementasi digitalisasi yang efektif diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di SD Negeri Bulusari 01 Gandrungmangu.

Keywords

Digitalisasi Sekolah, Kualitas Pembelajaran, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.