Analisis Keaktifan Siswa Pada Model Pembelajaran Project-Based Learning Berbasis STEAM Kelas V

Alif Robikho, Nur Ngazizah, Hendra Pratisnojati Sholeh Muttaqin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat keaktifan siswa pada materi Magnet, Listrik, dan Teknologi bagi Kehidupan dengan menerapkan model Project Based Learning (PjBL) dengan berbasis STEAM (Sains, Technology, Engineering, Art, and Mathematics). Penelitian dilakukan di kelas V SDN Sokoharjo, Purworejo. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Model pembelajaran Project Based Learning memberikan peran penting pada keaktifan siswa selama pembelajaran. Dengan berbasis STEAM mendorong pembelajaran menjadi lebih bermakna. Hasil penelitian ini memberikan dukungan terhadap efektivitas pendekatan pembelajaran yang menekankan pada penerapan pengetahuan lintas disiplin (STEAM) dan pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dalam meningkatkan keterlibatan dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran PjBL berbasis STEAM meningkatkan keaktifan siswa kelas V SDN Sokoharjo dalam belajar materi Magnet, Listrik, dan Teknologi. Proyek miniatur lampu lalu lintas melibatkan konsep STEAM: Sains, Teknologi, Teknik, Seni, dan Matematika. Dengan menggunakan alat seperti gunting, cutter, dan penggaris, siswa belajar merangkai kabel dan memahami prinsip listrik paralel. Pendekatan ini juga meningkatkan keterampilan 4C: communication (komunikasi), collaborative (kolaborasi), critical thinking (berpikir kritis), and creative (kreatif).

Keywords

Keaktifan, PjBL, STEAM

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.