Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa kelas VIII SMP Al Fattah dengan Menerapkan Metode Improve

Aliep Aliep, Fitri Anisa Kusmastuti, Muh. Khaedir Lutfi

Abstract

Siswa umumnya takut matematika karena dianggap sulit dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi matematika siswa kelas VIII SMP Al Fattah Tigaraksa 2022/2023 dengan menerapkan metode pembelajaran IMPROVE. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain siklus. Hasilnya menunjukkan bahwa metode IMPROVE dapat meningkatkan prestasi matematika siswa. Nilai ketuntasan klasikal untuk prestasi belajar matematika siswa untuk KD Keterampilan meningkat dari 48,3% pada kondisi awal menjadi 72,4% pada siklus 1 dan 89,6% pada siklus 2. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif IMPROVE dapat meningkatkan kualitas pendidikan matematika.

Keywords

Hasil belajar, metode pembelajaran improve, teori-teori belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.