Persepsi Siswa terhadap Penggunaan Media Digital dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar

Agustina Puspa Mentari, Kartika Chrysti Suryandari, Sri Kamiyati, Mega Meilina Priyanti

Abstract

Keberadaan media digital memiliki peran penting dalam pembelajaran, membantu memahami konsep IPA yang bersifat abstrak.  Tujuan penelitian ini untuk menganalisis persepsi siswa kelas rendah dan kelas tinggi terhadap penggunaan media digital dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan partisipan peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara dan observasi yang mengukur persepsi siswa dalam penggunaan media digital dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media digital memotivasi siswa untuk belajar dalam dan menstimulasi rasa ingun tahu yang tinggi, masih mengalami kesulitan dalam memahami dan menggunakan media digital. Oleh karenanya, penggunaan media digital diperlukan untuk bisa mendorong siswa lebih tertarik dan mudah memahami pembelajaran IPA sehingga persepsi siswa terhadap mata Pelajaran IPA juga akan lebih menyenangkan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.