Systematic Literature Review: Principal Leadership in Educational Institutions

Agustin Hanivia Cindy, Viana Putri Aisyah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan analisis komprehensif tentang peran kepala sekolah dalam meningkatkan institusi pendidikan melalui kepemimpinan yang efektif. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode Systematic Literature Review (SLR), kadang disebut juga dengan metode penelitian tinjauan pustaka. Literatur yang digunakan berasal dari berbagai sumber. Menurut berbagai sumber literatur, kepemimpinan utama dalam lembaga pendidikan mengacu pada kapasitas seorang pemimpin untuk secara efektif mempengaruhi dan menyatukan individu menuju tujuan bersama suatu kelompok atau organisasi. Kepala sekolah adalah individu yang mengemban peran kepemimpinan dalam bidang pendidikan dan mempunyai tanggung jawab besar dalam memajukan sekolah yang dipimpinnya. Dalam hal ini kemajuan sekolah tidak hanya ditentukan oleh kemajuannya saja, melainkan oleh adanya jiwa kepemimpinan yang kuat. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dalam suatu lembaga pendidikan mengacu pada kapasitas seorang pemimpin dalam memberikan pengaruh dan menggalang individu menuju tujuan kolektif suatu kelompok atau organisasi. Kepala sekolah adalah individu yang mengemban peran kepemimpinan dalam bidang pendidikan dan mempunyai tanggung jawab besar dalam memajukan sekolah yang dipimpinnya. Dalam hal ini, faktor krusialnya bukan hanya kemajuan sekolah saja, melainkan adanya etos kepemimpinan yang kuat.

Keywords

kepemimpinan; kepala sekolah; lembaga pendidikan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.