Penerapan Program Based Learning Terhadap Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Minat Belajar ABK di MI Ma’arif Sidomulyo

Adisti ‘Afina Putri, Annisa Fauza Hidayah, Annisa Febriana, Dinda Nurazizah

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penerapan program based learning dalam pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan minat belajar ABK di MI Ma'arif Sidomulyo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan menilai efektivitas penerapan program based learning dalam meningkatkan minat belajar ABK di MI Ma'arif Sidomulyo. Metode penelitian yang digunakan meliputi pengumpulan data kualitatif dan kajian literatur untuk menilai dampak program ini terhadap perkembangan akademik, sosial, dan emosional ABK di MI Ma'arif Sidomulyo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan program based learning dapat meningkatkan minat belajar ABK. Siswa ABK di sekolah tersebut memiliki minat belajar yang cukup tinggi yakni sebesar 75%. Berdasarkan data yang peneliti dapatkan bahwa terdapat 12 siswa dari 16 siswa yang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah program based learning efektif diterapkan dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa ABK di MI Ma'arif Sidomulyo. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam mengeksplor diri dan kemandirian dalam kegiatan proses pembelajaran.

Keywords

Pembelajaran Berdiferensiasi, Program Based Learning, ABK, Minat Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.