Analysis of Learning Difficulty Diagnosis Techniques in Primary Schools
Abstract
Kesulitan belajar merupakan suatu hambatan atau gangguan yang dialami oleh siswa akibat adanya ketidakseimbangan antara kemampuan yang dimiliki oleh siswa dengan tujuan yang seharusnya dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara guru dan kepala sekolah. Upaya untuk mengetahui hambatan siswa dalam pembelajaran memerlukan beberapa teknik diagnostik kesulitan belajar yakni: (1) Identifikasi perilaku, hubungan sosial, prestasi dan latarbelakang orang tua siswa. (2) Melihat bukuĀ kegiatan sebagai acuan dalam melihat apa yang mendominasi kesulitan belajar siswa. (3) Melakukan observasi, wawancara siswa dan wali murid serta pemberian tes. (4) Memperkirakan alternatif pertolongan dengan merancang program yang akan diberikan dan cocok untuk siswa. (5) Menetapkan program yang dirasa paling cocok dan menentukan waktu pelaksanaan program tersebut. (6) Pemberian belajar tambahan pada saat jam istirahat.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.