Upaya Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik kelas X Melalui Classroom Reading Program di SMK Diponegoro Ploso Jombang

Alfia Wahdiana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai penerapan Classroom Reading Program dalam meningkatkan minat baca dan hasil belajar peserta didik kelas X SMK Diponegoro Ploso Jombang semester 1 tahun pelajaran 2022-2023. Pendekatan yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian 40 peserta didik. Melalui penerapan Classroom Reading Program memiliki dampak positif dalam meningkatkan minat membaca peserta didik kelas X SMK Diponegoro Ploso Jombang. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai ulangan formatif peserta didik dan meningkatnya jumlah kunjungan dalam peminjaman buku oleh peserta didik di perpustakaan. Hasil survey yang dilakukan terhadap minat baca juga mengalami peningkatan signifikan. Dilihat dari hasil belajar peserta didik yang semula hanya 40 % mendapatkan nilai 65 dan setelah menerapkan Classroom Reading Program, hasil belajar siswa meningkat menjadi 90% mendapatkan nilai 85, sehingga program ini dapat dikatakan tercapai.

Keywords

Classroom Reading Program, minat membaca, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.