Analisis Bibliografi Berbantuan VOSviewer pada Transformasi Digital Bidang Pendidikan Bagi Generasi Z

Muhammad Riyadi

Abstract

Fenomena kebergantungan Generasi Z dengan teknologi dan tuntunan transformasi digital bagi dunia pendidikan. Penelitian ini merupakan kajian literatur untuk mengetahui apa saja kajian upaya transformasi digital didunia pendidikan selama tiga tahu terakhir setelah terjadi lompatan teknologi akibat wabah COVID-19. Penelitian mengadopsi desain studi literatur berbasis bibliografi. Proses pencarian data menggunakan aplikasi Publish or Perish meliputi kriteria judul (Digital Transformation), kata kunci (Gen Z), dan rentang tahun 2022 sampai 2024.  Artikel yang telah terkumpul dan memenuhi kriteria analisis kemudian diekspor dalam format “ris” untuk selanjutnya dianalisis dengan VOSviewer, untuk memvisualisasikan dan mengevaluasi tren menggunakan pemetaan bibliometrik. Hasil penelitian menunjukkan 3 jenis variasi publikasi, yaitu bentuk visualisasi jaringan, bentuk visualisasi kepadatan, dan bentuk visualisasi overlay sesuai jaringan yang ada antar item. Berdasarkan pada hasil analisis kerapatan dapat diketahui bahwa penelitian mengenai digital transformasi telah banyak dilakukan diamati dari warna itemnya yang kuning. Selain itu,bahasan yang sudah cukup banyak dikaji adalah mengenai pendidikan tinggi, serta Covid 19 yang merupakan salah satu bahasan yang mempengaruhi keharusan adanya transformasi digital dalam bidang pendidikan.

Keywords

Generation Z; education; digital transformation; VOSviewer

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.