The Development of Rubric Instrument for Listening Skills Assessment of Junior High School Students

Ahmad Zaki Munibi, Ninuk Lustyantie, Fathiaty Murtadho

Abstract

Kendala yang dihadapi dalam menilai keterampilan menyimak bahasa Inggris siswa di SMPIT Al-Fityan Boarding School Bogor menyoroti perlunya pengembangan instrumen penilaian yang lebih efektif sesuai dengan kurikulum terbaru. Oleh karena itu, tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menciptakan sebuah instrumen berupa rubrik yang dapat digunakan untuk menilai keterampilan menyimak bahasa Inggris siswa SMP. Dalam penelitian ini, metode pengembangan dan validasi instrumen dipilih, yang merupakan pendekatan yang umum digunakan dalam penelitian Research and Development (R&D). Rubrik penilaian menyimak ini kemudian divalidasi oleh seorang ahli dalam bidang menyimak serta seorang ahli dalam bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen tersebut memenuhi syarat untuk digunakan dalam menilai keterampilan menyimak bahasa Inggris siswa di kelas VIII SMPIT Al-Fityan Boarding School Bogor. Selain itu, hasil pengembangan rubrik penilaian ini juga menunjukkan bahwa instrumen tersebut dapat berfungsi sebagai panduan bagi para guru dalam menilai kemampuan siswa dalam memahami materi menyimak dalam pembelajaran bahasa Inggris. Berdasarkan hasil perhitungan jumlah total rata-rata dari tim validator, instrumen ini mendapatkan nilai sebesar 4,4, menunjukkan tingkat validitas yang memadai.

Keywords

Instrument validation; listening skills; junior high school students

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.