Analisis Ruang Lingkup Literasi Sains pada Buku Tematik Terpadu Siswa Kelas IV SD Kurikulum 2013 Tema 3 “Peduli terhadap Makhluk Hidup”
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui informasi mengenai aspek literasi sains sebagai batang tubuh ilmu pengetahuan, sains sebagai jalan untuk menyelidiki, sains sebagai cara berpikir dan sains sebagai interaksi sains, teknologi dan masyarakat pada buku tematik terpadu siswa kelas IV SD kurikulum 2013 tema 3 “Peduli Terhadap Makhluk Hidup”. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan mengisikan/ memberikan koding pada lembar pedoman analisis aspek literasi sains oleh lima ahli dan peneliti sampai diperoleh kode indikator yang stabil. Penelitian ini menunjukkan bahwa buku yang dianalisis memiliki persentase 31,7 % pada aspek sains sebagai jalan untuk menyelidiki, 28 % pada aspek jalan untuk berfikir, 21,4 % pada aspek interaksi sains teknologi dan masyarakat dan 18,9 % pada aspek sains sebagai batang tubuh ilmu pengetahuan. Secara garis besar buku yang dianalisis telah merefleksikan literasi sains namun proporsinya belum seimbang.
Keywords
Analysis, Scientific Literacy, Thematic Books
Full Text:
PDFReferences
Refbacks
- There are currently no refbacks.