Studi Literatur Media Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar
Abstract
Masa sekolah dasar merupakan masa operasional konkret. Dimana siswa lebih mudah memahami materi pelajaran jika mereka dapat melihat dan menggunakannya secara langsung. Penggunaan media pop up book merupakan salah satu media yang menarik dan dapat membantu siswa dalam belajar. Artikel ini ditulis dengan tujuan untuk mengidentifikasi penerapan media pop up book pada mata pembelajaran IPA sekolah dasar. Teknik pengumpulan data dengan cara mengumpulkan beberapa artikel yang berkaitan dengan judul penelitian. Teknik analisis menggunakan analisis kualitatif deskriptif melalui studi pustaka, hasil analisis berupa data deskriptif dalam bentuk kalimat tertulis dan hasil tindakan yang diamati dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para peneliti sebelumnya. Hasil penelitian ini adalah bahwa kajian tentang media pop up book pada mata pelajaran IPA sekolah dasar dapat dihubungkan dengan variabel-variabel yang berbeda seperti keaktifan siswa selama proses pembelajaran, daya tangkap materi, minat belajar siswa, motivasi siswa, kemampuan berpikir kritis, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kreatif, pemahaman konsep dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil kajian dari beberapa artikel dapat diketahui bahwa penggunaan media pop up book memberikan pengaruh yang positif terhadap pembelajaran IPA sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Refbacks
- There are currently no refbacks.