Development of Student Worksheets Based on Contextual Teaching and Learning (CTL) in Science Learning Material on Pure Substances and Mixtures for Class V Elementary School

Fita Permata Sari, Putri Rizqiyah

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran wajib pada kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Pembelajaran IPA memiliki karakteristik khusus seperti mempelajari fenomena alam secara fakta tidak hanya teori yang dipahami tetapi lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis CTL pada pembelajaran IPA materi Zat Tunggal dan Campuran Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D. Model yang dipilih yaitu 4-D yang terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Hasil penelitian menunjukkan validasi ahli materi dan media sangat baik dengan presentase keidealan berturut-turut 92,94% dan 87,5% sehingga LKS berbasis CTL pada pembelajaran IPA layak digunakan dalam kelas. Hasil respon siswa berkategori sangat baik dengan prosentase 93,84% sehingga layak implementasikan di kelas besar dan diterapkan dalam pembelajaran IPA kelas V di tingkat Sekolah Dasar.

 

Keywords

Student Worksheets; CTL; Science

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.