Pengaruh Model Think Talk Write berbantuan Media Video terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Sekolah Dasar

Vina Anggia Nastitie Ariawan, Juwili Nur Hariyah

Abstract

Keterampilan berbahasa masing-masing dimiliki oleh siswa untuk dapat meningkatkan kompetensi berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Salah satu keterampilan yang sangat penting akan tetapi oleh beberapa guru atau akademisi lupa untuk menanamkannya kepada siswa saat kegiatan belajar mengajar terutama di SD adalah keterampilan untuk menyimak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji coba model think talk write berbantu media video terhadap keterampilan menyimak cerita siswa SD Negeri Salebu 08. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian. Validitas data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji tingkat kesukaran. Analisis data menggunakan analisis inferensi. Analisis inferensi meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian data uji hipotesis menggunakan uji-T (Independent sampel t test) diperoleh nilai sig sebesar 0,000 dan nilai tingkat signifikan nya (α) adalah 0,05, hal ini menunjukkan bahwa nilai sig lebih kecil dari nilai tingkat signifikan (α). Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model think talk write terhadap keterampilan menyimak cerita siswa SD Negeri Salebu 08.


 

Keywords

story, listening skill, think talk write, video

References


Refbacks

  • There are currently no refbacks.