Application of the SQ3R Method in Science Learning to Determine the Reading Comprehension of Class V Students of MI Al-Mahdy Sindangsari Majenang District

Fita Permata Sari, Nurul Izzah

Abstract

Proses pembelajaran menjadi hal wajib bagi setiap siswa. Proses Belajar Mengajar (KBM) merupakan suatu proses yang rutin dilakukan oleh guru dan siswa di kelas. Proses belajar terjadi oleh interaksi guru dan siswa atau bahkan antara siswa dengan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman membaca siswa dengan metode SQ3R pada pembelajaran IPA kelas V MI Al-Mahdy Sindangsari. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini mendeskrisikan penerapan metode pembelajaran SQ3R dan pemahaman membaca siswa. Instrumen yang digunakan lembar observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode SQ3R pada pembelajaran IPA kelas V MI Al-Mahdy Sindangsari berjalan dengan baik. Tahapan SQ3R dimulai dari survey, question, read, recite, dan review dijalankan secaraa runtut. Pemahaman membaca siswa sudah baik, hal ini ditunjukkan dengan hasil tes tertulis siswa yang sudah memenuhi tujuan pembelajaran. Secara keseluruhan penggunaan metode SQ3R pada pembelajaran IPA untuk mengetahui pemahaman membaca siswa berjalan dengan baik.
 

Keywords

SQ3R Learning Method; Reading Comprehension; Science

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.